TAUHID SYATHORIYAH

TAUHID SYATHORIYAH

Bismillahi rohmani rohim
Segala puji milik Allah Yang Menguasai Alam semesta. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, ahli baitnya, sahabatnya, dan semua umatnya.

Allah Tuhan Yang Maha Pengasih telah berfirman: “Apabila kalian sudah menyelesaikan shalat, maka berzikirlah kalian kepada Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring”. (QS. An-Nisa: 103). Amma Ba’du.

Kitab kecil ini saya namakan “Kitab JAUHAROTUS SAALIKIIN” yang menjelaskan tentang sebagian silsilah dan tata-cara yang berlaku dalam Thoriqoh SYATHORIYAH. Tentu saja, dalam hal ini saya sangat berterima kasih kepada Syaikhuna Wa Murobbi Ruhina Al-Mursyid Syaikh Muhammad FatkhurRohman Thoyyib Al Mursyid yang memberikan bimbingan pada kami jalan merambah makrifat kepada Allah bi ridloillah wa syafa’ati llah.

Oleh karena kitab ini hanyalah sebuah tulisan kecil untuk pedoman pemula bagi kawan-kawan yang masuk tahapan thoriqoh syathoriyah, tentu saja ada banyak kekurangan di sana-sini.
Dengan demikian, ada saran dari saya untuk terus mengkaji kitab-kitab ulama SYATHORIYAH lain, demi tegaknya batin yang kokoh sehingga menumbuhkan keyakinan untuk wushul pada Allah.
” wa’bud khatta yaktiyakal yaqin “
Akhir kata, ada kurang dan lebihnya saya minta maaf.

Ba’dul Ihwan Fi At-Thoriqoh As-Syathoriyah yang di mulyakan oleh Allah swt

BAB I

SEKELUMIT THORIQOH SYATHORIYAH

Thoriqoh Syathoriyah didirikan oleh Syaikh Abdullah As-Syathori. Beliau adalah seorang sufi kelahiran Khurasan Persia yang merupakan keturunan dari Syaikh Syihabuddin Umar As-Suhrawardi (1145-1234 M), yakni seorang ulama sufi pendiri Thoriqoh Suhrawardiyah.
Nasabnya yang terdapat dalam berbagai catatan adalah Syaikh Abdullah bin Husamuddin bin Abdullah bin Zaid bin Dhiya’uddin bin Najmuddin bin Hammad bin Syihabuddin Umar bin Muhammad As-Suhrawardi.

Pada masa mudanya Syaikh Abdullah As-Syathori belajar tasawuf kepada Syaikh Muhammad Arif, Syaikh Muzzaffar Kitani al-Khalwati dan Sayyid Ali Muwahid.

Syaikh Muhammad Arif memberikan gelar “As-Syathor” karena cepatnya beliau menempuh tahapan maqamat (tingkatan) dalam tasawuf.

Mengikuti perintah gurunya, beliau mendapat tugas untuk berkelana membimbing murid ke seluruh pelosok negeri.
Beliau berkelana ke seluruh Iraq, Khurasan, Azerbaijan dan India.

Di India pertama kali beliau singgah di Jawnpur, melalui Multan Lahore, Delhi. Dari Jawnpur beliau lalu pindah ke Surhurpur di mana Syaikh Daud Qolandar seorang sufi Thoriqoh Qolandariyah mengikuti dan menjadi muridnya.
Dari sini menuju ke Manikpur, dan kemudian ke Bengal.

Seorang sufi Bengal, Syaikh Muhammad Ala Qozin yang semula menolak malah kemudian menjadi murid utamanya setelah bermimpi bertemu dengam ayahnya dan dinasehati untuk menjadikan Syaikh Abdullah As-Syathori sebagai guru mursyidnya.

Kemudian, dari Bengal beliau menuju Ekdalah dan terus ke Malwah.
Disinilah beliau mendapat sambutan yang positif dan dukungan dari penguasa Malwah Sultan Mahmud Khalji (1436-1469 M) dan putranya Ghiyatsuddin.

Beliau mendirikan pondok sufi (khanqah) SYATHORIYAH pertama di Mandu wilayah Malwah ini.

Syaikh Abdullah As-Syathori kemudian menulis naskah “Lathaiful Ghaibiyyah” yang berisi tentang tata cara dzikir dan dasar ajaran tasawufnya dan mendedikasikan kitab tersebut untuk Sultan Ghiyatsuddin Khalji (1469-1415 M).

Isi ajaran Thoriqoh Syathoriyah yang dikembangkan oleh Syaikh Abdullah As-Syathori antara lain tentang cara tercepat mencapai makrifat dengan menformulasi apa yang beliau sebut Masyrab Syathoriyah.
Masyrob ini terdiri dari beberapa praktek dzikir, dan kontemplasi yang harus berdasar baiat dan petunjuk Sang Guru Mursyid.

Syaikh Abdullah As-Syathori wafat di Mandu pada 890 H (1485 /28 M) dan dimakamkan di dekat Makam Kesultanan Khalji penguasa Malwa. Pada abad 17 M, kubah dibangun diatas makamnya atas perintah Sultan Jahangir yang mengunjunginya bersama dengan Syah Pir Meerut. Ajaran atau pelajaran-pelajaran Thoriqoh SYATHORIYAH dapat dipelajari dari beberapa kitab ulama Syathoriyah dan beberapa kitab tasawuf lainnya sebagai pelengkap, antara lain:

  1. Kitab As-Simtul Majid, karya SyaikhSayyid Ahmad bin Muhammad al-Qusyāsyi ad-Dajāni al-Madāni RA.
  2. Kitab Bayan Al-Qohhar, karya Syaikh Abdul Muhyi As-Safarwadi Pamijahan, Tasikmalaya, Jawa Barat.
  3. Kitab Martabat Kang Pitu, karya Syaikh Abdul Muhyi As-Safarwadi Pamijahan, Tasikmalaya, Jawa Barat.
  4. Dan beberapa kitab Thoriqoh SYATHORIYAH dan berbagai kitab tasawuf lainnya.

BAB II

SILSILAH DAN AUROD THORIQOH SYATHORIYAH

Thoriqoh SYATHORIYAH merupakan salah satu thoriqoh mu’tabarah yang diakui oleh Nahdlatul Ulama (NU).

Berikut adalah Silsilah Thoriqoh SYATHORIYAH dari jalur Syaikhina murobbyrukhina wa mursyidina syaikh simbah Muhammad Fatkhur RohmanThoyyib


  1. Allah SWT
  2. Malaikat Jibril AS
  3. Sayyidina Nabi Muhammad SAW
  4. Sayyidina Imam Ali bin Abi Thālib KW
  5. Sayyidina Imam Husain As-Syahīd RA
  6. Sayyidina Imam Zainal ‘Abidin Ali bin Husain RA
  7. Imam Muhammad al-Bāqir RA
  8. Sayyidina Rūhaniyyatu Imam Ja’far as-Shādiq RA
  9. Sayyidina Rūhaniyyatu Sulthan al-‘Ārifīn Abu Yazīd al-Busthāmiy RA
  10. Syaikh Muhammad al-Maghribiy RA
  11. Syaikh al-A’rābiy Yazīd al-‘Isyqiy RA
  12. Syaikh Abu al-Mudhaffar Maulāna Turki at-Thūsiy RA
  13. Syaikh Quthub Abu al-Hasan al-Kharqāniy RA
  14. Syaikh Khudāquliy al-Māwara an-Nahriy RA
  15. Syaikh Sayyidi Muhammad ‘Āsyiq RA
  16. Syaikh Sayyidi Muhammad ‘Ārif RA
  17. Syaikh Abdullah As-Syathori RA (wafat 1428 M)
  18. Syaikh Imam Muhammad ‘Alā’ Qādhin Syathori RA (Muhammad ‘Ala Qādin al-Maneri at-Tirhuti Al-Hashimi) (wafat 11 syawal 901 H/1495 M)
  19. Syaikh Hadiyyatullah (Haybatullah) Sarmast RA (wafat 12 Syawal 944H/1538 M)
  20. Syaikh Hāji Hamīduddin Hudhūr RA (wafat 22 Dzul Hijjah 930 H/1523 M)
  21. Syaikh Sayyid Muhammad al-Ghauts ibn Sayyid Khathīruddin RA (wafat 17 Ramadhan 970 H/1562 M) menurut Syaikh Qusyasyi beliau wafat 5 Ramadhan 959/960 H)
  22. Syaikh Sayyid Wajīhuddīn al-‘Alawi RA (wafat 998 H/1589 M)
  23. Syaikh Sayyid Shibghatullah ibn Sayyid Rūhullah RA (wafat 27 Jumadil Ula 1015H/1606 M)
  24. Syaikh Sayyid Abul Mawāhib Abdullah Ahmad bin ‘Āli al-Qurasyi al-‘Abbāsi as-Shināwi RA (wafat 5 Dzulhijjah 1028H/Selasa, 12 November 1619 M)
  25. Syaikh Sayyid Ahmad bin Muhammad al-Qusyāsyi ad-Dajāni al-Madāni RA (wafat 19 Dzulhijjah 1071H/Ahad, 14 Agustus 1661 M)
  26. Syaikh manila ( maulana ) ibrahim
  27. Syaikh muhammad Thohir
  28. Syaikh Ibrahim Thohir
  29. Syaikh muhammad sa’id Thohir
    Al-madani
  30. Syaikh As’ad bin muhammad sa’id Thohir
  31. As Syaikh al kamil AL a’rif billah as’ari kaliwungu
  32. As syaikh al fadlil az zahid syaikh masyayikh ahla asror sayidana as syahir muhammad Anwariddin al kariyani as syariboni
  33. As syaikh umdatii wa murobby ruukhii al masyhuri al A’lim al waro’ az zaahid al A’rif kamil mukamil syaikh muhammad sholih benda kerep cirebon
  34. As syaikh al alim az zaahid al waro al A’rif kamil mukamil syaikh muslim bendakerep cirebon
  35. As Syaikh al alim az zaahid al waro’ al arif al kamil mukamil syaikh Suyuthi benda kerep cirebon
  36. As Syaikh al alim az zaahid al waro’ al arif al kamil mukamil syaikh Adnan benda kerep cirebon

37A. As Syaikh al alim alamah
al waro’ az zaahid al A’rif bilah
kamilah mukamil syaikh
Abdul Wahid dahlan al
mutamakin grobogan.
37B. As Syaikh al alim alamah
al waro az zaahid al A’rif
al kamil almukamil syaikh
Abdullah bin muhtadi
benda kerep cirebon.

  1. As syaikh umdati wa murobby rukhina wa jasadina wa walidina al A’rif muhammad Fathur Rahman Thoyyib Al – Garuwany
  2. ………………

Adapun wirid-wirid (aurod) yang hendak dilakukan oleh penempuh Thoriqoh SYATHORIYAH dalam “Kitab As-Syathoriyah jauharotus salikiin” yang ditulis oleh As syaikh Simbah MUHAMMAD FATKHUR ROHMAN THOYYIB Al MURSYID ( Ponpes As Stresiyah Darul Ubudiyah. juwana pati jawa tengah ) tahun 1999, antara lain sebagaimana berikut:

Membaca;
1.surat ikhlas 3×
2.surat falaq 1x
3.surat annas 1x
4.استغفرالله العظيم الذي لا اله الاهو الحي القيوم وأتوب إليه ٣×
Astaghfirullahal adhiimaladzi laailaha illa huwal khaiyal qoiyuma wa atuubu ilaih 3x
5.اللهم صل على سيدنا محمدعبدك و نبيك ورسولك النبيى الأميى و على اله وصحبه وبارك وسلم ٣×
Allahuma sholli ala Sayyidina muhammadin abdika wannabiyika warosulika nabiyil umiyi wa alaa aalihi washohbihi wa barik wa salim 3×

  1. Tashowur syaikh;
    Mengingat wajahnya guru yang membaiat seakan-akan hadir di depannya,
    kemudian mengucapkan didalam hati; YA ALLAH ya Tuhan kami; saya mengamalkan dzikir thoriqoh SYATHORIYAH dari guru kami, guru kami mengamalkan dari gurunya guru kami, guru-gurunya guru kami mengamalkan dari kanjeng nabi muhammad, kanjeng nabi muhammad menerima dari ALLAH dengan perantara malaikat jibril..
    Ya ALLAH gusti semoga engkau memudahkan jalan kami menuju kepada engkau dari barokahnya guru kami.
    7.لا إله إلاالله حي موجود ١×
    Laa ilaha illallah khayyu maujud.
    ٨. لاإله إلا الله حي باق…
    Laa ilaha illallah khayyu baaq..x1
    ٩. لا إله إلا الله سيدنا محمد رسول الله صلي الله عليه وسلم …١×
    Laa ilaha illallah sayiduna muhammadur rosulullah sholallahu alaihi wa sallama…1x

10 .لا إله إلا الله ….١٣×
Laa ilaha illallah ….13x
Selesai sholat dhuhur asar magrib.

لا إله إلا الله …..100x
Laa ilaha illallah …….100x
Selesai sholat isya dan subuh..

  1. Di akhiri dzikir perlahan…
    لا إله إلا الله …..٣×
    Laa ilaha illallah……3x
  2. هو الهى انت معبودى و رضاك مطلوبى محمد رسول الله صلي الله عليه وسلم كلمة طيبة عليها نحيى و عليها نموت وبها نبعث ان شاء لله تعالى من الآمنين ….
    Huu ilahii anta ma’buudii wa ridloka matluubi muhammadur rosulullah sholallahu alaihi wa sallama kalimatun thoyyibatun a’laiha namuutu wa biha nub’atsu in syaa allah ta’ala minal aamiiniin…
  3. Istigroq.: tahan nafas serta menajamkan kedua mata.
    Dan kedua telapak tangan di genggamkan di atas kedua paha.
    Serta dzikir didalam HATI dengan dzikir Allah Allah Allah…di ulang 3x.
  4. إلى حضرة سيخينا ……….. الفاتحة
    Illa hadroti syaikhina……. alfatikah
  5. إلى حضرة سيخينا الشيخ محمد فتح الرحمن طيب و اوصوله و وفروعه والاخذين منه شيئ لله لهم الفاتحة …..
    Illa hadroti syaikhina muhammad Fathur Rahman Thoyyib wa ushuulihi wa furuu’ihi wal akhidziina minhu syaiun lillahi lahumul fatikah…
  6. إلى حضرة أهل السلسلة الشطارية اجمعين و اصولهم و فروعهم و الاخذين منهم شيئ لله لهم الفاتحة…
    Illa hadroti ahli salsalati syathoriyah ajma’in wa ushuulihim wa furuu’ihim wal akhidziina minhum syaiun lillahi lahumul fatikah… ….
  7. إِلىَ حضرة النبي المصطفى صلى الله عليه وسلم و على آله وأصحابه أجمعين شَيْئٌ لِله لهم الفاتحة……….
  8. Doa..
    بسم الله الرحمن الرحيم..
    الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.
    اللهم أحسن عاقبتنا في الأمور كلها . واجرنا من خزي الدنيا و عذاب الآخرة.
    اللهم إنا نسألك رضاك و الجنة و نعوذ بك من سخطك و النار .
    اللهم لا تسلط علينا ذنوبنا من لا يخافك و لا يرحمنا .
    اللهم إنك عفو كريم تحب العفو فاعف عنا.
    اللهم اجعل خير أيامنا يوم نلقاك وانت راض عنا.
    واختم بالصالحات اعمالنا.
    وتوفنا مسلمين .
    و الحقنا بالصالحين .
    واحشرنا مع المقربين . واغفر لنا ولوالدينا ولجميع المسلمين.
    برحمتك يا ارحم الراحمين. ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار. و صلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين. و الحمد لله رب العالمين.
    Bismillahirrohmanirrohim
    Alhamdulillahi robbil`alamiin. Wa sholatu wassalamu ala asrofil mursaliin sayidina muhammadin wa alaa alihi washohbihi ajma’iin. Allahuma akhsin aqibatana fil umuri kuliha wa ajirna min khizyi dunya wa adza bil akhirot. Allahumma inna nas’aluka ridloka waljanata wa naudzubika min sakhotika wannari. Allahumma latusalit alaina bidzunubina man la ya khofuka wala yarkhamuna. Allahumma innaka afuwun karim tuhibbul afwa fa’fu anna. Allahummaj’al khoiro ayamina yauma nalqooka wa anta roodlin anna wakhtim bisholikhati a’malana,wa tawaffana muslimin,wa alkhiqna bisholihin,wakhsyurna ma’al muqorobiin,waghfirlana wa liwalidina wali jami’il muslimin,birohmatika ya arkhaumar rokhimiin, robbana atina fidunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa wina adzabannar, wa sholallahu ala sayidina muhammadin wa alaa alihi washohbihi ajma’iin .
    Wal hamdu lillahi robbilalaamiin..

Di anjurkan untuk kesempurnaan tiap malam:

  1. Istighfar: “Astaghfirullohal Adzim Alladzi Laa Ilaha Illa Huwal hayyal qoyyuma wa atuubu ilaih..100×
  2. Allahuma sholli ala sayidina muhammadin abdika wa nabiyika wa rosulikan nabiyyil ummiyyi wa a’la alihi washohbih wa sallimu tasliman biqodri adhomati dzaatika fi kulli waqtin wakhin. 10 ×
    Bila malam jumat 100x
  3. Dzikir Laa ilaha illallah 165x
  4. Dzikir Illallah 165x
  5. Dzikir Allah 1000x
  6. DZikir: “Hu”. Tiap hari 1000x

Demikianlah sebagian dari beberapa wirid (aurod) yang hendaknya dilakukan para penempuh Thoriqoh SYATHORIYAH. Semoga bisa istiqomah di jalan penempuhan ridlo Allah dan makrifat pada Allah .
Dzikir tersebut boleh di kurangi ato tambahi tergantung kemampuan masing masing

BAB III

DZIKIR, MURID, HATI, DAN NAFSU

Dalam Thoriqoh SYATHORIYAH tidak hanya mengajarkan wirid-wirid sebagaimana yang disebut di atas. Tetapi, ada banyak hal yang harus terus dipelajari dalam thoriqoh ini secara tahap demi tahap hingga seseorang bisa mencapai makrifat kepada Allah Yang Maha Kuasa. Dalam bab ini akan disebutkan beberapa istilah yang ada dalam thoriqoh ini, antara lain:

  1. Dzikir

Secara garis besar, dalam Thoriqoh SYATHORIYAH diajarkan dua macam cara zikir, yaitu:
(1) Dzikir Jahri, yakni dzikir yang dilakukan dengan cara bersuara;

(2) Dzikir Sirri, yakni dzikir yang dilakukan dengan cara tanpa bersuara.
Bagi penempuh thoriqoh ini, hendaknya terus mengikuti berbagai kajian kitab-kitab yang disampaikan oleh Guru Mursyid ataupun Pengganti (Badal)-nya. Sebab hanya dengan terus belajarlah pengetahuan seseorang akan semakin bertambah dan bertambah, terutama belajar dzikir untuk menggapai makrifat kepada Allah Yang Maha Kuasa.

Seorang penempuh thoriqoh hendaknya mengetahui tata-cara dzikir, syarat-syarat dzikir, adab-adab dzikir secara lahir maupun batin, tingkatan-tingkatan dzikir, dan segala ilmu yang berkaitan dengan dzikir.

  1. Murid

Thoriqoh SYATHORIYAH membagi murid menjadi 4 macam, yaitu:
(1) Murid Mubtadi, artinya murid pemula;
(2) Murid Mutawasith, artinya murid pertengahan;
(3) Murid Kamil, artinya murid yang sempurna;
(4) Murid Mukammil, artinya murid yang bisa menyempurnakan.

Hal ini juga harus dikaji oleh seorang penempuh Thoriqoh SYATHORIYAH hingga tahap demi tahap, dari Syariat meningkat ke Thoriqot, dari Thoriqot meningkat ke Hakiqot, dan dari Hakiqot kemudian meningkat ke Makrifat.

Tahapan-tahapan ini hendaknya terus dilalui penempuh Thoriqoh SYATHORIYAH tahap demi tahap dibawah bimbingan Guru Mursyid atau Pengganti (Badal)-nya.

  1. Hati

Dalam Thoriqoh SYATHORIYAH juga diperkenalkan beberapa keadaan hati penempuh jalan kepada Allah Yang Maha Esa,
antara lain:
(1) Hati Salim, yakni hati yang sudah terbuka di Alam Nasut. Adalah hatinya Ahli Syariat;
(2) Hati Tawajjuh, yakni hati yang sudah terbuka di dalam Alam Malakut. Adalah hatinya Ahli Thoriqot;
(3) Hati Mujarrod, yakni hati yang sudah terbuka di Alam Jabarut. Adalah hatinya Ahli Hakiqot; dan (4) Hati Robbani, yakni hati yang sudah terbuka di Alam Lahut. Adalah hatinya Ahli Makrifat.

Demikian ini hendaknya terus dipelajari dan direalisasikan oleh para penempuh Thoriqoh SYATHORIYAH.

  1. Nafsu

Dalam Thoriqoh SYATHORIYAH, seorang penempuh juga harus mempelajari tujuh macam nafsu dan cara mengatasinya, antara lain:
(1) Nafsu Amarah;
(2) Nafsu Lawwamah;
(3) Nafsu Mulhimah;
(4) Nafsu Mutmainah;
(5) Nafsu Rodhiyah;
(6) Nafsu Mardhiyah; dan
(7) Nafsu Kamilah.

Rasulullah SAW pernah bersabda ketika pulang dari pertempuran: “Kita baru saja kembali dari jihad kecil menuju jihad besar, yakni melawan hawa nafsu kita sendiri” (Al-Hadist).

Kata Ali Bin Abi Tholib: “Hai manusia, penyakitmu ada dalam dirimu sendiri, tapi kau tidak mengetahui, dan obatnya ada pada dirimu sendiri, tapi kau tak hiraukan” (Ali Bin Abi Tholib).

Tunggu kelanjutannya halaman berikutnya.. dari halaman 05


Salam TQNS syathoriyah juwana cabang manadotua satu 088238122288wa ttd Riana Rompies Al jawi azzahra.

Bimbingan dari Embah yai fatkhur rohman thoyyib Al Mursyid TQNS SYATHORIYAH pusat .
ponpes As Stresiyah Darul Ubudiyah.
juwana pati jawa tengah.
Ro’is am TASAWUF & thoriqoh syathoriyah Asia tenggara

4 comments

  1. Assalamu’alaikum kiyai, semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan kebahagiaan untuk kiyai fathkur Rohman toyyib, terimakasih atas ilmu yang diberikan ,tetap jaga kesehatan dimasa pandemi semoga Allah selalu memberikan Rahmat untuk kiyai dan para santri , semoga saya bisa berkunjung dan sowan untuk menemui Kevin , mohon maaf jika ada kesalahan pada diri saya ,wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Suka

  2. Assalamu’alaikum kiyai, semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan kebahagiaan untuk kiyai fathkur Rohman toyyib, terimakasih atas ilmu yang diberikan ,tetap jaga kesehatan dimasa pandemi semoga Allah selalu memberikan Rahmat untuk kiyai dan para santri , semoga saya bisa berkunjung dan sowan untuk menemui Kiyai , mohon maaf jika ada kesalahan pada diri saya ,wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Suka

  3. Saya telah baiat pd mbah sarimbit fathurrahman thoyib..berarti boleh mengamalkan dikir yg dianjurkan utk kesempurnaan tsb diatas (istighfar 100, sholawat ummi 10, nafi isbat 165, allah 1000, hu 1000) ya yai?

    Suka

Tinggalkan komentar